Modern itu bukan seperti itu !

Standar

Saya pikir, modern itu bukanlah menggantikan peran pekerja dengan alat-alat modern, namun sebaliknya, yakni alat-alat modern tersebut memudahkan si pekerja itu untuk bekerja. Saya kira, sangat keliru jika manusia meniru sistem modern yang ditawarkan oleh kaum kapitalis, karna modern yang mereka hasilkan tersebut tidak menjadi sebuah solusi bagi umat manusia, malah menjadikan sebuah persoalan yang sangat besar. Kita dapat membuktikannya dari masyarakat yang ada di negara-negara modern, seperti eropa dan amerika serikat. Tampak secara permukaan negara mereka begitu makmur dan indah, namun jika kita memasuki ke dalam seluruh sendi-sendi kemasyarakatan mereka, akan sangat jelas terlihat bagaimana kesenjangan antar umat manusia itu tercipta, kesenjangan antar kelas proletar dan kapitalis.

Dan hal ini yang sangat saya sesali akan terjadi di kampus tercinta saya, yakni UIN Jakarta. Mekanisme modern itu akan di ambil oleh mereka dalam persoalan yang paling sepele, yakni sistem parkir. Mesin-mesin karcis parkir yang begitu modern akan mereka terapkan dan menggantikan peran kerja dari para tukang karcis parkir. Saya sempat mengobrol sedikit dengan salah satu tukang karcis parkir disana, mereka sangat kecewa dan sangat khawati akan hilangnya pekerjaan mereka. Bahkan mereka menanyakan kok tidak ada yang membela atau menuntuk dari pihak mahasiswa terkait hal tersebut.

Oleh karenanya, seharusnya UIN sebagai salah satu universitas islam yang menjadi basis masyarakat islam untuk maju dan berkembang melalui sistem islam, melihat modernitas itu dalam kacamata sistem modern islam, bukan malah sebaliknya berkaca dari sistem modern barat. Sangat menyedihkan sekali bilamana konsep pemikiran islam ditinggalkan cuma-cuma oleh institusi akademis yang meminjam kata islam dalam nama institusinya, dan sangat terlena oleh pemikiran-pemikiran ilmu barat.

Jika ada yang keliru mohon diluruskan karena keterbatasan saya dalam melihat informasi secara nyata hehehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s